KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2 a.8
Peserta CGP :DADAN HAMDANI H, S.Pd ( CGP ANGKATAN 6 )
Unit kerja : SMA NEGERI 1 SUKARESMI
Fasilitator : YOPI YULIANA
PP : YULI YULIANA
NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK REFLEKSI PERISTIWA MENGGUNAKAN MOMEN YANG PALING PENTING/ MENANTANG/ MODEL 4 P MENCERAHKAN PERISTIWA
1.PERISTIWA
Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi
saya
dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah
ketika mengeksplorasi materi Modul 1.1 saya mendapat pencerahan banyak hal
salah satunya peran Perasaan saya
sebagai sebagai guru adalah sebagai among atau pelayan kepada siswa yang harus
berhamba kepada siswa, bertindak sebagai
fasilitator bagi murid, maka saya berkewajiban
mengembangkan potensi – potensi setiap peserta didik sesuai dengan kodrat alam
& kodrat zaman, serta ketika mengeksplorasi materi Pembelajaran Modul 1.2
saya belajar nilai & peran sebagai seorang guru dalam upaya memberikan
keteladan kepada para siswa baik secara Keteladanan personal atau dalam upaya
memberikan pelayanan yang maksimal di kelas. Kemudia saya harus melaksanakan pembelajaran yang berpihak
pada murid, mandiri, kolaboratif, reflektif dan inovatif. Dari kedua hal
tersebut saya saya sadar bahwa sebagai Penerapan ke Depan seorang guru saya berperan menuntun setiap
peserta didik sesuai dengan kodrat jamanya dan harus menyesuiakan dengan dengan
kemampuan mereka dan mengembangkan karakter mereka guna mewujudkan profil PelajarPancasila.
Saat mempelajari Modul 1.1 dan Modul 1.2 momen yang menantang adalah tugas-
tugas yang beruntun dan penyelesaian waktunya yang sempit serta saya
menyesuaikan nya dengan jadwal kegiatan saya di sekolah, dan harus menyesuiakn
dengan berbagai macam bentuk tugas yang menuntut saya untuk mempelajari
berbagai macam media pembelajaran, Saya
tertantang belajar menguasai program baru seperti edit video, Canva, Jambo,
Video, slide dan membuat tampilan presentasi yang menarik serta membuat halaman
pdf online seperti buku.
Saat menjalani pembelajaran MOdul 1.1 hingga Hingga Selesai
Modul 1.2 dari LMS pendidikan guru penggerak ini awalnya saya merasa pesimis
dan bertanya dalam dikerjakan diri apakah saya bisa, sebab setelah melihat
referensi tugas-tugas angkatan sebelumnya, saya merasa kurang kemampuan saya
terutama di bidang penguasaan teknologi, namun saya merasa termotivasi dan berusaha belajar menguasainya ,rekan-rekan
sejawat yang juga mengikuti dan meningkatkan potensi baru CGP di angkatan 6 ini
saling memberikan motivasi antar rekan, termasuk
motivasi dari Kepala sekolah serta rekan sejawat di sekolah.
Semua tugas saya rasakan menarik dan penuh tantangan, sehingga saya merasa semangat dalam prosesnya , sebab di
setiap tahapan modul yang saya pelajari Fasilitator serta Pengajar Praktik pun
juga menambah pengetahuan saya tentang pendidikan, selalu memberi saya dan
rekan CGP Angkatan 6 ,terutama bagaimana
filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dapat dipalikasikan dalam kehidupan
sehari-hari., semangat dan motivasi untuk terus yang membuka pemikiran dan
berkembang dan menyelesaikan program CGP, begitu juga mengenai nilai peran guru
penggerak yang sangat penting untuk dunia pendidikan yaitu menjadi pemimpin
belajar yang kolaboratif, reflektif dan inovatif, menjadi coach bagi guru lain
yang mandiri dan kolaboratif, mendorong kolaborasi antar guru, menggerakkan
komunitas praktisi, dan mewujudkan pembelajaran berpihak pada murid. Sehingga semua materi yang telah saya dapatkan
dalam Pendidkan CGP ini sangat bermanfaat bagi saya dan akan saya imbaskan ke rekan- rekan saya baik di sekolah maupun di
MGMP PPKn SMA Kabupaten Cianjur.
3. PEMBELAJARAN
Sebelum mempelajari modul 1.1 dan Modul 1.2 pada program
pendidikan CGP , saya sebagai seorang guru masihberpikir bahwa peserta didik adalah
kertas kosong yang akan mudah mudah kita corat coret semau kita dan sesuai kehendak kita, proses pembelajaran belum semua terpusat di murid dan guru
memberikan tuntutan kepada anak hanya
sebatas untuk bisa menuntaskan nilai
diatas KKM, namun setelah mempelajarinya saya sadar bahwa peserta didik
bukanlah kertas kosong belaka yang bisa kita isi dengan tulisan sesuka kita,melainkan
kertas yang sudah ada coretan dan kita sebagai guru bertugas menebalkan
garis-garis tersebut serta memberikan tambahan kompetensi sesuai dengan
perkembangan jiwa si anak, sesuai dengan kodrat jamanaya dan sesuai dengan kemampuanya
Sebagai pendidik menjadi penuntun kepada peserta didik dalam meraih keselamatan
dan kebahagiaan untuk meraih masa depan yang cerah, serta pendidik memberikan
pembelajaran yang berpihak pada murid. Sebagai pendidik juga mempunyai nilai
dan peran menjadi pemimpin pembelajaran yang reflektif, inovatif dan
kolaboratif, menjadi coach bagi guru lain yang mandiri, mendorong kolaborasi,
mewujudkan kepemimpinan peserta didik, serta menggunakan komunitas praktisi
dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan merdeka belajar dan profil pelajar
pancasila.
4. PENERAPAN KE DEPAN
Kreatifitas Adalah Rencana pengembangan diri untuk kedepanya Disini apa
pengembangan diri yang sederhana,
konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu
menguatkan nilai-nilai dan peran saya
sebagai Guru Penggerak.
Pengembangan diri yang sederhana dan konkret adalah diantaran
:
4.1.Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid
4.2.Berkolaborasi dengan peserta didik untuk melaksanakan
pembelajaran yang menyenangkan.
4.3 Pengembangan diri berikutnya mengembangkan inovasi
dalam menggunakan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan potensi
minat bakat peserta didik.
4.4.Melakukan refleksi untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran yang bermakna.
4.5.Mengikuti berbagai macam pelatihan baik secara online ataupun offline dalam rangka
peningkatan pengembangan Kompetensi diiri sebagai CGP .
4.6. Meningkatan Literasi disegala bidang untuk menambah pengetahuan, dan
kapasitas kelimuan.
4.7. Meningkatkan Penguasaan IPTEK dan berbagai macam jenis
program Inovasi Pembelajaran
4.8. Pengembangan dengan rekan sejawat di sekolah dan di MGMP
MPPKn SMA Kabupaten Cianjur sebagai sarana Koaborasi untuk bertukar
pengalaman,pemikiran dan menggali
ide-ide baru dalam dunia Pendidikan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar