Senin, 19 September 2022

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2 a.8

 


KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2 a.8

/

Peserta CGP :DADAN HAMDANI H, S.Pd  ( CGP ANGKATAN 6 )

Unit kerja      : SMA NEGERI 1 SUKARESMI

Fasilitator     : YOPI YULIANA

PP                 : YULI YULIANA

 

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK REFLEKSI PERISTIWA MENGGUNAKAN MOMEN YANG PALING PENTING/ MENANTANG/ MODEL 4 P MENCERAHKAN PERISTIWA

 

1.PERISTIWA

Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya

dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah ketika mengeksplorasi materi Modul 1.1 saya mendapat pencerahan banyak hal salah satunya peran Perasaan  saya sebagai sebagai guru adalah sebagai among atau pelayan kepada siswa yang harus berhamba kepada siswa, bertindak sebagai

fasilitator bagi murid, maka saya berkewajiban mengembangkan potensi – potensi setiap peserta didik sesuai dengan kodrat alam & kodrat zaman, serta ketika mengeksplorasi materi Pembelajaran Modul 1.2 saya belajar nilai & peran sebagai seorang guru dalam upaya memberikan keteladan kepada para siswa baik secara Keteladanan personal atau dalam upaya memberikan pelayanan yang maksimal di kelas. Kemudia  saya  harus melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, reflektif dan inovatif. Dari kedua hal tersebut saya saya sadar bahwa sebagai Penerapan ke Depan  seorang guru saya berperan menuntun setiap peserta didik sesuai dengan kodrat jamanya dan harus menyesuiakan dengan dengan kemampuan mereka dan mengembangkan karakter mereka guna mewujudkan profil PelajarPancasila.

Saat mempelajari Modul 1.1 dan Modul 1.2 momen yang menantang adalah tugas- tugas yang beruntun dan penyelesaian waktunya yang sempit serta saya menyesuaikan nya dengan jadwal kegiatan saya di sekolah, dan harus menyesuiakn dengan berbagai macam bentuk tugas yang menuntut saya untuk mempelajari berbagai macam media pembelajaran,  Saya tertantang belajar menguasai program baru seperti edit video, Canva, Jambo, Video, slide dan membuat tampilan presentasi yang menarik serta membuat halaman pdf online seperti buku.

 2.PERASAAN SAAT DALAM MOMENT

Saat menjalani pembelajaran MOdul 1.1 hingga Hingga Selesai Modul 1.2 dari LMS pendidikan guru penggerak ini awalnya saya merasa pesimis dan bertanya dalam dikerjakan diri apakah saya bisa, sebab setelah melihat referensi tugas-tugas angkatan sebelumnya, saya merasa kurang kemampuan saya terutama di bidang penguasaan teknologi, namun saya  merasa termotivasi  dan berusaha belajar menguasainya ,rekan-rekan sejawat yang juga mengikuti dan meningkatkan potensi baru CGP di angkatan 6 ini  saling memberikan motivasi antar rekan, termasuk motivasi dari Kepala sekolah serta rekan  sejawat di  sekolah.

Semua tugas saya rasakan menarik  dan penuh tantangan, sehingga saya  merasa semangat dalam prosesnya , sebab di setiap tahapan modul yang saya pelajari Fasilitator serta Pengajar Praktik pun juga menambah pengetahuan saya tentang pendidikan, selalu memberi saya dan rekan CGP  Angkatan 6 ,terutama bagaimana filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dapat dipalikasikan dalam kehidupan sehari-hari., semangat dan motivasi untuk terus yang membuka pemikiran dan berkembang dan menyelesaikan program CGP, begitu juga mengenai nilai peran guru penggerak yang sangat penting untuk dunia pendidikan yaitu menjadi pemimpin belajar yang kolaboratif, reflektif dan inovatif, menjadi coach bagi guru lain yang mandiri dan kolaboratif, mendorong kolaborasi antar guru, menggerakkan komunitas praktisi, dan mewujudkan pembelajaran berpihak pada murid.  Sehingga semua materi yang telah saya dapatkan dalam Pendidkan CGP ini sangat bermanfaat bagi saya dan akan saya imbaskan  ke rekan- rekan saya baik di sekolah maupun di MGMP PPKn SMA Kabupaten Cianjur.

3. PEMBELAJARAN

Sebelum mempelajari modul 1.1 dan Modul 1.2 pada program pendidikan CGP , saya sebagai seorang guru  masihberpikir bahwa peserta didik adalah kertas kosong yang akan mudah mudah kita corat coret semau kita dan sesuai  kehendak kita, proses pembelajaran  belum semua terpusat di murid dan guru memberikan tuntutan  kepada anak hanya sebatas untuk bisa menuntaskan  nilai diatas KKM, namun setelah mempelajarinya saya sadar bahwa peserta didik bukanlah kertas kosong belaka yang bisa kita isi dengan tulisan sesuka kita,melainkan kertas yang sudah ada coretan dan kita sebagai guru bertugas menebalkan garis-garis tersebut serta memberikan tambahan kompetensi sesuai dengan perkembangan jiwa si anak, sesuai dengan kodrat jamanaya dan sesuai dengan kemampuanya Sebagai pendidik menjadi penuntun kepada peserta didik dalam meraih keselamatan dan kebahagiaan untuk meraih masa depan yang cerah, serta pendidik memberikan pembelajaran yang berpihak pada murid. Sebagai pendidik juga mempunyai nilai dan peran menjadi pemimpin pembelajaran yang reflektif, inovatif dan kolaboratif, menjadi coach bagi guru lain yang mandiri, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan peserta didik, serta menggunakan komunitas praktisi dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan merdeka belajar dan profil pelajar pancasila.

4. PENERAPAN KE DEPAN

Kreatifitas Adalah Rencana  pengembangan diri untuk kedepanya Disini apa pengembangan diri yang  sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu  menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak.

Pengembangan diri yang sederhana dan konkret adalah diantaran :

4.1.Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid

4.2.Berkolaborasi dengan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan.

4.3 Pengembangan diri berikutnya mengembangkan inovasi dalam menggunakan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan potensi minat bakat peserta didik.

4.4.Melakukan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermakna.

4.5.Mengikuti berbagai macam pelatihan  baik secara online ataupun offline dalam rangka peningkatan pengembangan Kompetensi diiri sebagai  CGP .

4.6. Meningkatan Literasi disegala  bidang untuk menambah pengetahuan, dan kapasitas kelimuan.

4.7. Meningkatkan Penguasaan IPTEK dan berbagai macam jenis program Inovasi Pembelajaran

4.8. Pengembangan dengan rekan sejawat di sekolah dan di MGMP MPPKn SMA Kabupaten Cianjur sebagai sarana Koaborasi untuk bertukar pengalaman,pemikiran dan  menggali ide-ide baru dalam dunia Pendidikan .

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.3.a8

1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3   Oleh                : DADAN HAMDANI HIDAYAT, S.Pd CGP                : KABUPATEN . CIANJUR...