Senin, 12 September 2022

PEMBELAJARAN HARI INI TIDAK BISA TERLEPAS DARI PEMBELAJARAN MASA LAMPAU




 




Dunia pendidikan adalah suatu ruang lingkup yang dinamis dan tidak akan tergerus oleh kemajuan jaman, peristiwa yang terjadi  hari ini merupakan cermin ataupun bayangan situasi sebelumnya, demikian  juga dalam dunia pendidikan pemikiran para tokoh pada jaman dahulu khususnya pemikiran Ki Hajar Dewantara akan mewarnai situasi dinamika pendidikan masa kini, nilai-nilai filosofis dari pemikiran Ki Hajar Dewantara akan mewarnai dan akan tetap abadi didalam dunia pendidikan di negara kita.

Pada saat saya menjadi seorang siswa karakter dan sifat serta  serta etos kerja seorang guru yang memberikan pendidikan dan kepada saya sangat membekas sampai dengan sekarang, pada saat SD saya sangat terkesan dengan sifat guru saya yaitu Alm. Pak Munawar beliau seorang guru yang sangat bersifat kebapakan terhadap siswanya di sekolah, sifat among nya sangat kentara  mewarnai perjalanan pada saat menjadi siswa di SD, beliau baik, ramah, sopan dan santun serta sangat memperhatikan siswanya,  kemudian pada saat di bangku SMP saya sangat terkesan dan termotivasi oleh Bapak Gatot Sunyoto seorang Guru Olahraga dan juga merangkap pembina OSIS dan Pramuka, beliau orangnya sangat disiplin, tegas dan keras, tetapi pembawaan lainnya beliau seorang  guru yang humoris, dan mampu membuat suasana sangat cair dan berkesan bagi para siswanya. Sedangkan di bangku SMA saya sangat senang belajar pelajaran Sejarah karena sosok Ibu Guru yang bernama Ibu Lisda Zuraeda yang sangat spesial ketika mengajarkan mapel Sejarah, penguasaan materinya luar biasa, dan menarik sehingga belajar sejarah sangat menyenangkan,  tanpa terasa figur bapak dan ibu guru saya pada jamanya tanpa terasa sudah merupakan bentuk pemikiran dari sosok Ki Hajar Dewantara, konsep Ing ngaso sung tulodo, ing madya mangun karso dan Tut Wuri Handayani sangat melekat dalam keseharian guru-guru saya.

untuk saat ini relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara masih sangat diperlukan dan masih sangat dipergunakan, kemajuan jaman sekarang ini tidak boleh menghilangkan nilai-nilai luhur jaman dulu,khususnya pemikiran beliau, pemikiran modern harus dilandasi pemikiran kebudayaan yang sangat membudaya yang merupakan ciri dari kearifan Lokal.

sebagai seorang Guru saya berharap nilai-nilai luhur dari pemikiran Ki Hajar Dewantara bisa saya aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dimana saya bertugas dalam  melayani anak-anak saya di sekolah, kemudian harapan saya setelah mempelajari modul ini akan semakin membuka wawasan saya dan meningkatkan etos kerja saya dalam melayani anak-anak, saya berharap  anak-anak saya di sekolah bisa menerima saya dengan segala kelebihan dan kekurangan diri saya, proses pembelajaran agar terpusat pada mereka, mampu berpikir global tetapi dengan hati dan karakter sebagai seorang Pelajar Pancasila yang tidak lupa darimana mereka berasal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.3.a8

1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3   Oleh                : DADAN HAMDANI HIDAYAT, S.Pd CGP                : KABUPATEN . CIANJUR...