Senin, 12 September 2022

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE- 1 ( minggu pertama)



JURNAL REFLEKSI  MINGGU KE- 1 ( minggu pertama)

DISUSUN OLEH : DADAN HAMDANI HIDAYAT, S.Pd (CGP ANGKATAN KE-6 TAHUN 2022)

UNIT KERJA        : SMA NEGERI 1 SUKARESMI KABUPATEN CIANJUR

FASILATATOR    : YOPI YULIANA

PP                       : YULI  YULIANA

Setelah dinyatakan Lulus sebagai Peserta Pendidikan  Calon Guru penggerak Angkatan ke-6 tahun 2022, maka saya berusaha untuk melaksanakan semua rangkaian kegiatan yang termuat dalam SIM PKB melalui aplikasi LMSnya yang sudah memuat berbagai macam informasi dan Modul2 yang harus diaktifkan dan dikerjakan sesuai jadwal yang telah diberikan dari BBGP Jawa Barat.

Dalam tulisan ini saya akan coba untuk merefleksikan hasil dari kegiatan Pendidikan di CGP di Minggu pertama ini dalam mencermati pemikiran Tokoh Pendidikan KI Hajar Dewantara dengan menggunakan metode Six Thingking Hats (Teknik 6 Topi ).

1. TOPI WARNA PUTIH ( FACTS )

Topi warna Putih menggambarkan tentang kenyataan yang  saya rasakan dan muncul selama saya mengikuti CGP di minggu pertama ini, saya sangat senang, bangga, dan antusias ketika dinyatakan Lolos  seleksi tahap 1 dan 2 dan memulai kegiatan CGP dengan melaksankan test awal, meskipun hasilnya kelihatanya belum maksimal dalam pengerjaanya, dari sana muncul keinginan untuk mendapatkan hasil tes lebih baik ke depanya, maka diupayakan harus maksimal dalam melaksanakan pendidikan CGP di awal2 kegiatanya., Semangat muncul pada saat berkenalan dengan  Bapak Ibu anggota satu group , dengan Ibu PP dan bapak fasilitator karena mendapatkan rekan baru dalam berbagi pengalaman di CGP, selain semangat yang muncul , ada juga rasa kekhawatiran yang muncul seperti :

a. Bagaimana cara kita mengatur waktu antara kewajiban di sekolah dengan kegiatan CGP

b. Tidak bisa memaksimalkan tugas karena baru mengenal  aplikasi LMS 

Tapi setelah kita melaksanakan kegiatan CGP di minggu pertama , dengan sendirinya kekhawatiran itu hilang karena mendapatkan dukungan, arahan, dan masukan dari  Rekan sejawat di pekerjaan , Kepala Sekolah sebagai Pimpinan, arahan dan masukan dari Fasilitator, PP  sehingga makin menguatkan saya untuk fokus mengikuti kegiatan CGP ini. 

2. TOPI WARNA MERAH  (FEELING)

Topi warna merah ini sangat menggambarkan perasaan yang saya alami selama mengikuti kegiatan CGP di minggu - minggu pertama ini, antara lain perasaan semangat, senang, dan antusias karena mengenal teman baru, penyaji materi baru, yang sebagian besar materi baru yang baru saya terima,khususnya tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara yang sangat membuka pikiran saya bahwa ternyata masih banyak yang harus saya pelajari dalam melaksanakan tugas harian sebagai seorang guru khususnya dalam melayani anak di kelas. Perasaan betah dalam menyimak materi yang diberikan, dan berbanding lurus dengan kekhawatiran lainya yang muncul secara bersamaan seperti khwatir kehabisan paket data kalau memakai HP, khwatir terjadi jadwal yang bersamaan pada saat Zoom meting dengan kegiatan kewajiban mengajar di kelas, kendala jaringan internet atau ada aktifitas lainya yang memerlukan kehadiran  saya dalam pelaksanaan kegiatanya.

3. TOPI KUNING ( BENEFITS)

Topi Kuning ini adalah menggambarkan apa yang telah saya peroleh dari kegiatan selama satu minggu ini, yaitu diri saya mendapatkan pengetahuan baru mengenai konsep pemikiran dan pendidikan menurut pemikiran KHD,peran guru menuntun, kodrat alam dan kodrat jaman,budi pekerti, Profil pelajar Pancasila dan Penguatan karakter dengan merdeka belajar. Dan yangbpaling penting saya banyak memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru dalam menngunakan aplikasi pembelajaran seperti Jamboard, Padlet, Kanva, dan lain2, dan tidak kalah penting pentehaun baru berdasarkan hasil diskusi dengan Fasilitator,PP dan Rekan 2 peserta CGP.

4.TOPI HIJAU ( CREATIVITY)

Dalam mengikuti CGP ini saya mendapat ide atau gagasan seperti Sistem Among yang masih bisa dipergunakan dalam melaksanakan tugas sebagai guru meskipun sekarang ini kita belajar di Alam Abad 21 dan era globalisasi ,menuntun  kodrat anak-anak untuk menerima pembelajaran sesuai jamanya, menguatkan Karakter Anak melalui Penguatan profil Pelajar Pancasila, dan kita sebagai guru harus menjadikan  siswa sebagai  tujuan utama dalam memajukan peradaban bangsa,  " dengan menghamba kepada Siswa" maka kita akan memuliakan siswa, melayani  dengan sepenuh hati.

5. TOPI  HITAM ( CAUTION)

Dalam setiap kegiatan apapun tidak akan lepas yang namanya kendala atau tantangan, yang saya hadapi dalam kegiatan CGP ini tantangan yang dirasakan diantaranaya  : Faktor kesehatan pribadi, keterbatasan dalam masalah pengaturan waktu antara membagi tugas dalam kegiatan CGP dengan melaksanakan tugas dikelas sebagai guru yang mebagajr di 12  kelas atau 24 jam pelajaran dalam seminggu, 5 hari kerja dari jam 07.00 sd jam 15.30 WIB setiap harinya,keterlambatan mengupload tugas, karena kendala jaringan  internet.

6. TOPI BIRU (PROCESS)

Setelah saya melaksanakan kegiatan CGP di minggu pertama ini akhirnya saya memperoleh  hasil-hasil sebagai berikut : Setelah mendapatkan  masukan dalam kegiatan ini akhirnya saya menyadari masih banyak kekurangan  dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan harus mengkaji kembali pemikiran Ki hajar Dewantara, Pemikiran Ki Hajar Dewantara harus bisa di implementasikan dalam proses KBM di sekolah, hasil dari Kegiatan CGP ini harus bisa membawa perubahan disekolah minimal dalam proses KBM harian yang saya laksanakan dikelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.3.a8

1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3   Oleh                : DADAN HAMDANI HIDAYAT, S.Pd CGP                : KABUPATEN . CIANJUR...